Panasonic Protect

Lagi – lagi ketemu tv protect, kali ini yang datang adalah sebuah tv Panasonic 14 inch type TC-14P10BB dan nomor chasis TNP4NA001 yang menggunakan IC single TDA9381, dengan keluhan tv tidak bisa start! Gejalanya adalah………..saat di nyalakan led indicator nampak nyala warna merah, kemudian berubah ke warna hijau agak lama, merah lagi sebentar, hijau lagi agak lama, merah sebentar lagi, begitu seterusnya sampai akhirnya berhenti di warna merah tak mau berubah ke hijau lagi. Dalam keadaan seperti ini saya coba pencet CH+ di panel dan led indicator pun beraksi lagi seperti tadi.
Oke……tahap pertama dalam perbaikan tv telah di lakukan, yaitu di lihat dari gejala yang ada. Saatnya tahap kedua di lakukan, pemeriksaan secara visual! Setelah tutup belakang di buka, nampak debu yang menumpuk tebal di mainboard, menunjukkan bahwa tv ini sudah lama belum rusak alias awet. Lagi – lagi tak di temukan tanda – tanda yang mencurigakan di dapat setelah debu di bersihkan, semua part masih terlihat mulus tanpa cacat.
Tanpa pikir panjang, langsung saja ke tahap selanjutnya yang wajib di lakukan, yaitu pemeriksaan tegangan. Di sini di dapati B+90v aman sampai di kaki fbt, begitu juga dengan vcc vertical yang juga aman sampai di tempat tujuan. Giliran catu daya 12v yang mendapatkan pemeriksaan, kejanggalan mulai terlihat di sini, tegangan yang seharusnya 12v tersebut cuma terdeteksi 8,5v. Telusuri jalur tersebut yang ternyata menuju ke 2 buah IC regulator 7808 dan 7805, cek pin out 7808 dan menunjukkan nilai 6,8v, dan pin out 7805 cuma ada 2,6v. Naaaahh……mulai ada titik terang, it’s okay! Saatnya ESR jelek bekerja, cek 2 buah elko filter tegangan 12v senilai 470uf/16v yang bertuliskan C832 dan C857 di mainboard.

pan prot

Dan ketemulah biangnya yang menyebabkan led indicator selalu berkedip, yaitu C832 dalam keadaan kering. Karena setelah penggantian elko tersebut, indicator sudah tidak kedip – kedip lagi dan tv pun sudah bisa nyala dengan normal. Alhamdulillaah ya Allah…. Engkau telah memudahkan segala urusanku…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s