LG Ultra Slim Mati Total

LG

Tv LG model ultra slim type 21SL2RD dengan chasis CW81A datang dalam keadaan mati total karena transistor horisontal dalam keadaan coid. Sebelum menggantinya dengan yang baru dan untuk menghindari kerusakan beruntun pada transisitor tersebut saya lakukan langkah sebagai berikut:

1. Cek B+

Sebelum mengambil langkah – langkah yang lebih rumit wajib hukumnya bagi seorang Tuser untuk melakukan pengecekan tegangan – tegangan vital. Di sini di ketahui B+ drop tanpa transistor horisontal terpasang, setelah di telusuri ketemulah penyebabnya yaitu FR403 yang di mainboard yang saya hadapi senilai 3,9 ohm yang berfungsi sebagai pembatas tegangan ke FBT dalam keadaan putus. Setelah penggantian resistor tersebut B+ pun normal kembali di 115v.

FR403

2. Cek Capasitor Resonant

Hal kedua yang harus di lakukan jika menjumpai transistor horisontal short adalah cek capasitor resonant yang terletak di jalur collector transistor tersebut. Jika capasitor ini bermasalah maka akan menyebabkan transistor horisontal mati lagi begitu di ganti dengan yang baru, bahkan transistor bisa langsung mati saat tv di nyalakan untuk di test.

resonan

3. Blok Horisontal Drive

Cek elko filter vcc H drive, cek tegangan di jalur basis transistor horisontal dan hasilnya…….keduanya aman. Jalur basis terdetksi 2vAC.

hdrive LG

4. Pengecekan Dengan Lampu Pijar

Setelah ketiga langkah di atas di rasa aman, saatnya melakukan pengecekan dengan lampu pijar. Yaitu dengan memasangnya di antara kaki collector transistor horisontal dengan pin COL FBT. Begitu tv di nyalakan nampak ada kejanggalan saat saya cek tegangan G2, di sini cuma terdeteksi 5v saja, kemudian volt meter saya pindah ke posisi AC untuk cek tegangan heater dan ternyata tak ada tegangan sama sekali alias 0v. Hmmm………………ini sih tanda – tanda FBT yang bernomor BSC25 – N0329 ini minta ganti.
Namun apa yang terjadi setelah FBT saya ganti dengan penuh keyakinan? Hasilnya nihil!!! Aduhhhh…….piye iki???????? Sebuah C6090 sudah terkapar sebagai korban keganasan blok H output yang abnormal. Dengan di penuhi rasa penasaran saya pun bongkar yoke defleksi sebagai langkah terakhir untuk menemukan penyebab kerusakan tersebut. Nampaklah ada beberapa lajur kawat email yang kelihatan menghitam di salah satu gulungan yoke horisontal, tak puas dengan hal itu, saya pun memisahkan kedua gulungan yoke horisontal dengan membuka solderan di tap H+ dan H-, kemudian ambil ohm meter untuk mengetahui nilai resistansinya, dan benar saja…..ada sedikit perbedaan nilai di antara keduanya. Dengan harap – harap cemas, saya pun memasang yoke yang baru setelah sebelumnya saya beli di toko elektronik langganan.

Crakk….!! Tv pun nyala, namun sebelum muncul gambar di layar tv saya matikan lagi untuk mengetahui suhu C6090 yang baru sebagai upaya pencegahan terjadinya korban lagi. Setelah di rasa aman running test pun di lakukan, 1 menit…. 5 menit…10 menit…..setengah jam….1 jam….2 jam….3 jam….bahkan sampai seharian ternyata masih aman.

Alhamdulillaah selesai! Hati pun senang karena bisa menepati deadline yang saya janjikan ke konsumen, thanks God!

2 Comments

  1. I will change Tr, and associated parts but still C6090 3time burned kindly advise to any technically information sir my mail jamesvazhappilly 5471ppilly@yahoo. Com thanks

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s