SONY KV-G21P2 Indikator Nyala Sebentar Lalu Padam

6707

Tv model di atas masuk dalam kelompok chasis BG2S, hmm…..saya kira bakal terjadi pertarungan sengit antara saya dengan tv yang satu ini mengingat di daerah saya populasinya sangat minim alias jarang sekali yang punya tv dengan merk ini.

Seperti keluhan di atas, saat di nyalakan yang nampak hanya lampu LED indikator yang nyala sebentar lalu padam. Sebagai langkah awal yang saya lakukan adalah pengecekan secara visual yang tak membuahkan hasil, karena semua komponen terutama di blok primer SMPS yang memakai STRS 6707 kelihatan masih kinclong. Dari gejala yang ada, kemungkinan kerusakan memang berasal dari blok SMPS.

Dengan menggunakan ESR analog made in dewe, akhirnya ketemu komponen yang menyebabkan masalah di atas, yaitu keringnya elko C624 senilai 1000uf/16v di blok primer SMPS. LED indikator pun langsung menacungkan jempol setelah saya mengganti elko tersebut. Namun ternyata masih ada problem lagi, karena tv masih belum mau nyala setelah saya lakukan perintah ON dengan memencet tombol CH+ di panel, cek tegangan B+ yang terdeteksi cuma 90v, hmm…..padahal seharusnya 115v mengingat mainboard ini memakai error amp SE115. Lagi – lagi ESR jelekku beraksi untuk sekedar cek elko – elko blok sekunder SMPS. Dan, Alhamdulillaah…….tv sudah bisa nyala dengan normal setelah penggantian C609 dengan nilai 33uf/160v.

Selesai dan bayaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s