Akari,osd ada gambar dan suara tidak ada

Kali ini aku dapat servisan tv akari 21”. Dari keluhan yang empunya tv katanya gambarnya tidak muncul. Setelah aku coba nyalakan tv,ternyata benar…layar hanya gelap gulita tapi osd/display ada. Suara pun juga tidak ada sama sekali. OK,tv pun siap aku buka chasingnya bagian belakang. Biyuhh,nampak debu yang menumpuk tebal dan mulai menghitam pada bagian mesinnya. Kontan saja aku bersihkan debu tersebut sambil mengamati seluruh komponen yang ada dan masih kelihatan bagus. Nampaklah si IC program PTCS030201 56K6,dan IC chroma LA76810B,IC vertikal LA7840,serta tulisan di pcb board bagian kanan depan T2104INMNTS1 (mungkin ini nomor chasisnya,coz aku sendiri juga gak tau hehehe). Setelah semua bersih,langkah pertama yang aku lakukan adalah menyolder ulang di semua bagian yang memang sudah terlihat retak. Setelah itu,baru aku coba nyalakan lagi tv nya untuk melihat reaksinya. Alhasil,gambar di layar sekarang cuma terlihat garis mendatar saja dengan lebar kira-kira 5cm di sertai getaran melebar ke bawah. Waduhhh….lha koq maleh ngene??? Melihat respon yang ada setelah solder ulang tadi,aku segera melakukan swipping di area vertikal. Namun ternyata,semua komponen di sana masih layak pakai. Akhirnya aku mencoba meraba IC chroma,wuihhh….alangkah kagetnya aku ketika mengetahui panas pada IC tersebut yang menurutku tidak wajar. Akhirnya aku berkesimpulan kalau IC chroma lah yang gemblung. Setelah mencari pengganti di laci persediaan,ternyata yang ada cuma LA76810A. Hmm…bisa gak ya pke ini? Untung-untungan saja,aku mencoba memasang IC tersebut. Dan ternyata,,,jrengggggg……gambar dan suara kembali muncul dengan normal. Alhamdulillaah ya Allaah,akhirnya tv sudah kembali normal. Setelah menunggu sekitar 1jam dan sudah tidak nampak kelainan lagi,aku segera memasang kembali tutup belakangnya yang bertuliskan model tv adalah IC-20B87W2 sambil senyum-senyum nunggu bayaran. Hehehehe…….

10 Comments

  1. Salam kenal sang pemula,aq punya garapan mesin tv wecom osd normal tidak dapat siaran tv,kalo d auto pencarian arus d thuner ber-ubahuntuk radio ada,factory sanpai 7pag,ga ada hotel mode/c.Bw/thuner1-2,mohon pencerahanya

    Balas

  2. aq jg punya pasien yg sma gejala nya,tp stelah ic 76818a di gnti msh ttp sja tak ada gambar saat prtma dhdupkan tp stlah panas smu brjalan lancar,mohon bntuan nya gan..

    Balas

  3. coba periksa semua tegangan di IC LA76810:
    Pin8: 5v
    pin18: 12v
    pin25: 12v
    pin31: 5v
    pin43: 5v
    jika tegangan di pin2 tsb normal,periksa jalur yoke,termasuk solderan (yg kdg emg konslet) di blok vertikal.

    Balas

  4. selamat malam mas ELKO….
    numpang tanya mesin china eceran tegangan b+ 110v teg 180v dah ada heater juga dah nyala tapi kok layar tetap gelap ya?
    kalau pot screen dibesarkan cuma nampak garis mendatar ic la78040 dah tak ganti tapi tetep sama padahal teg 24vnya juga dah ada, sampai ic la76810 tak ganti juga tetep sama aja ga ada perubahan.
    oh ya, disemua soket katoda RGB terukur 170v, dipin abl FBT terukur 5v.
    mohon pencerahanya, makasih.

    Balas

  5. sama tuh bos sama yg saya kerjain tp anehnya tv saya ga idup…he…he
    tadinya cm dicolongin ground dari tabung ke crt langsung jrenk ing enk tp wafat lagi pas 1 bln sedih lg deh….kira2 apanya ya
    thank buat bagi pengalamanya beredar terus ya pak
    MERDEKA INDONESIAKU
    BERWARNALAH TV KU

    Balas

    1. @abhoenk: klo gk idup kan bisa di cek dari tegangan yg gk normal,misalnya B+ utk fbt normal gk? Periksa juga utk tegangan2 yg laen. Sayangnya sampeyan tidak menyebutkan,gak idupnya stndby/protect ato mati total?!

      Pada Jum, 27 Mei 2011 14:33 WIB

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s