Tv LG lampu led berkedip

Hari ini dapat pasien tv LG dengan kerusakan lampu led (standby) berkedip-kedip dan tv tidak mau start. Setelah mesin aku bersihkan dari debu yang menumpuk tebal sampai berwarna kehitam-hitaman,aku pun mulai melakukan pemeriksaan secara visual terlebih dahulu pada semua komponen (termasuk STRF6654,singel IC LG8046-32A,IC vertikal LA78040,dan body fbt yg sudah ilang nomornya) yang semuanya masih tampak wajar. Ok,melangkah ke tahap berikutnya yaitu resoldering di semua titik yang tampak mulai retak timahnya,setelah selesai aku coba nyalakan tv. Namun reaksinya tetep sama,lampu standby masih kedip-kedip. Berlanjut ke pengukuran tegangan yang terdeteksi B+ nya drop di bawah normal. Untuk mempermudah pencarian si biangkerok,aku segera melepas transistor horizontalnya dan aku test pakai avometer yang ternyata transistor tersebut masih normal. Kemudian tanpa transistor horizontal terpasang aku nyalakan tv. Weuwwww…petunjuk mulai datang,lampu standby sudah tidak berkedip lagi,dan B+ (sekitar 110v) sudah normal. Sekarang tinggal memeriksa flyback dan yoke defleksi. Tanpa pikir panjang aku segera melepas flyback dari mainboard,aku amati seluruh sudut body flyback dengan seksama. Perhatianku akhirnya tertuju pada bagian bawah dari flyback tersebut yang nampak seperti ada warna gosong.. Akhirnya aku berkesimpulan untuk memvonis si flyback sebagai sumber penyakit. Lha terus piye iki…….??? Nomor flybacknya kan sudah ilang….fiuuhhh,mumet kiyeh! Selanjutnya aku amat-amati susunan pin fbt nya dari jalur di mainboard dan mencatatnya. Setelah aku berhasil mendapatkan susunan pin fbt yang sama persis di internet yang ternyata punya’e 154-177B,aku segera meluncur ke toko electronic langgananku dan alhamdulillaah stock ternyata masih ada. Setelah memasang fbt yang baru dan transistor horizontal yang tadi aku lepas,saatnya untuk mencoba tv. Bismillaahirrohmaanirrohiim….sambil menekan tombol power di panel tv,,yesss berhasil…!! Lampu led tidak berkedip lagi dan tv pun bisa nyala dengan normal. Alhamdulillaah ya Allaah atas rizki-Mu

18 Comments

    1. Gimana cerita tv nya dulu gan. Apa udh bagus. Sy ngalamin begitu saat ini. Apa ya kerusakannya gan..?

      Balas

  1. baru beli sebulan tv lg layar datar ko lampu lednya kedip2,tvnya nda mau hidup wah…… ini barang rongsokan apa tiruan ya……gimana ya solusinya…

    Balas

  2. mas mau nanya kalau tv lg sama yang diatas nyala tapi kalau di power standby tidak bisa nyala lagi, harus di saklar manual baru bisa hidup lagi
    apanya ya?

    Balas

  3. Mas mau tanya,tv sharp universe 14inc mati ga mau nyala.cuma lampu indikator warna hijau berkedip terus menerus.(kalau stanby lampu indikator berwarna merah).dan bersamaan dg kedipan,travo regulatornya bunyi krek,krek.dan output regulatornya sama sekali tdk ada.STR F6653,ic P123,tr c4517 dan tr horisntalnya dah diganti semua tp tetep sama hasilnya.dan R 20 senilai 4,7 ohm k 5wat panas sekali.mohon solusinya.makasih atas jawabannya.

    Balas

    1. Panasonic Lampu Standby Kedap-kedip

      Posted: 11 Mar 2013 09:35 PM PDT

      Tv Panasonic jenis ini sering mengalami kasus kerusakkan seperti ini,tv mau menyala tapi belum sempat hidup (lampu led menyala hijau) mati lagi .Kejadian ini berulang teratur jadi terkesan lampu standby kedap kedip.

      Perlu di ketahui Tv Panasonic ini bertype TC 1477SM menggunakan IC tunggal TDA9381PS serta IC vertikal AN5539.

      Komponen yang perlu di ganti jika menemui kasus ini adalah kapasitor berukuran 470/16v dan 100/16v seperti terlihat di gambar berikut

      bahan reverensi
      Semoga bermanfaat

      Balas

  4. siang booosss……………mohon bantuannya,,,,tv tenox 21 in tidak dapat siaran.tapi kalau av bisa tampil.tegangan 5v dan 33 vol yang ke tuner ada……………kira2 apa lagi yang harus di cek boos…?

    Balas

  5. mas salam kenal.saya lagi memperbaiki tv samsung slim.dgn kerusakan led berkedip 5 kali terus mati gak mau start.yg sudah saya lakukan ganti eprom.tapi tetap gak ada perubahan.cek vol b+140 yg ke plybk ada.3.3 volt ada.9v ada.5vada.gimana mas minta solusinya.tv mengunakan ic tungal tda12165

    Balas

Tinggalkan komentar