Regulator tidak kerja pada tv cina

Awalnya sempat puyeng juga ngadepin kerusakan tv cina semacam ini. Di mana kerusakannya adalah regulatornya tidak bekerja sehingga semua tegangan output semua tidak ada. Tapi setelah tau biang keroknya,hmmm….ternyata kemriuk juga,hehe.
Begini ceritanya,begitu aku mengetahui bahwa regulatornya belum bekerja sebagai mana mestinya,yang di tandai dengan hilangnya semua tegangan output. Swipingpun aku mulai,mulai dari flyback,transistor horizontal,dan defleksi yang ternyata semua normal. Pencarian kemudian berlanjut ke area vertikal yang lagi-lagi tak ada masalah di bagian ini. Dengan penuh semangat n telaten aku teruskan pencarian ke bagian tegangan output yang lain yang ternyata memang semuanya masih oke. Tanpa putus asa,aku lanjutkan ke area optocoupler mulai dari resistor,transistor,dan si PC817 nya.
Nah,saat ubek-ubek bagian inilah petunjuk mulai datang saat tanganku yang tidak sengaja menyentuh kaki dari elko 220uf/400v yang ternyata tegangan sebesar 300v masih bertengger di sana tanpa berkurang sedikitpun saat aku test pakai avo. Tanpa berfikir panjang aku lanjutkan pencarian si biang kerok penyebab mampetnya regulator tersebut setelah sebelumnya menetralkan tegangan pada elko tadi. Aku mulai berfikir,kenapa saat mesin tv mati dan tidak terhubung dengan listrik sama sekali tegangan di elko tersebut tidak mau hilang?? Langsung saja aku telusuri jalur elko (+) tersebut. Akhirnya mataku tertuju pada 2 buah resistor R520 dan R521 yang keduanya senilai 120K dan di pasang secara seri dari B+ 300v menuju ke bagian optocoupler. Setelah aku lepas dan aku test ternyata memang benar,salah satu dari resistor tersebut ada yang putus. Setelah mendapat resistor pengganti yang nilainya sama dan aku pasang,tv pun siap untuk di coba. Bismillaahirromaanirrohiim…sambil menancapkan jek listrik ke stop kontak yang di susul dengan nyalanya lampu standby,tekan tombol CH+ di panel dan tv pun langsung nyala dengan normal. Alhamdulillaah atas petunjuk-Mu ya Allaah…walaupun aku harus merasakan sengatan tegangan sebesar 300v,tapi sudah terobati dengan berhasilnya aku menemukan si biang kerok. Oke kawan,demikian kisahku kali ini di awal tahun 2011.

59 Comments

  1. Kasus sma boz.tp stlah ku ganti tetep tuh tegangn ga ad.jadi mumet aku.mknta solusi.sma skli ga ad teg.cuma bertenger di 400v aj makasih

    Balas

  2. makasih bang infonya, saya sekarang dapat pencerahan lagi, karena saya dapat kasus tv china yang matot yang masalahnya di regulatonya…
    saya skrang mau coba praktekin

    Balas

  3. tlng tv cina ic tunggal kerusakan b+110 don 50v n lainya ikut drop .c100uf450.D1710.c3807 n semua r n zener n dioda c15n 100n n c1kv n pc817 n r n tr1815 n zener 6.3 n c100uf160v n dioda r207. semua ku ganti tetap don.kira2 apa tolong

    Balas

  4. mau nanya gan,cara ganti regulator tv cina diganti regulator blok gimana gan?buat tv cina 21″,tegangane brapa aja yg dbutuhkan?mksh banyak sblmnya

    Balas

    1. maaf jika baru bisa balas komentnya..utk tv cina tegangan2 yg di butuhkan adalah: 115v, (180v), 24v, 16v, dan 12v. Khusus yg 180v jika sudah mengambil dari fbt, maka tidak perlu di pasang yang dari regulator

      Balas

  5. mas elko, bisa minta no hp kah ????? ini no hp saya 085234960000
    ada banyak hal yang mau saya tanyakan !!!!!!!!!
    ada beberapa tv yg belum terdeteksi bos…….

    Balas

    1. sebaiknya gabung di http://solderkita.com saja mas, di sana banyak teman teknisi yang jauh lebih pinter dari saya. Kasus yang kita hadapi bisa kita diskusikan sama2 di sana dengan para member yg laen. —————————— Pada Min, 4 Mar 2012 20:04 Waktu Baku Pasifik

      Balas

      1. solderkita.com koq ga bisa di buka ya gan.. Apa udh ga work lagi?
        Btw ane punya masalah yg sedikit sama, tp bedanya tegangan di 300 tidak tinggal di sana, cm tegangan output tidak mau keluar..

        Klo ada solusi tolong balas di email saya ya gan..

      2. waduh..gk tau sob, pernah sy tanya ke salah satu moderotor forum tsb jg kebingungan..sayang sekali. Soal problem yg anda hadapi, coba periksa resistansi semua jalur teg out thdp ground. Sy sering mendapati diode slh satu teg outnya jebol. Periksa jg bagian feedback atw optocplrnya, semoga membantu

    1. untuk mengawali penelusuran,sebaiknya cek aja semua tegangan out dari regulator. Tapi untuk tv polytron kebanyakan yg sering bermasalah memang di jalur 5v.

      Balas

  6. mas mau nanya.regulator tv cina teganggan out dari travo swicing kok rendah semua.b+ yg keplybek terukur cuma 58 volt.beban di lepas tetap rendah.lampu indikator berkedip2.apa lagi yg mesti dicek mas.minta solusinya.trims sebelumya.

    Balas

  7. Assalamualaikum,
    ndas mumet , pikiran jubet kan, mw nanya?

    Mesin tv china, pake IC tunggal 8873.

    Kerusakan di bagian regulator. Gak ada arus sama sekali, TR, sama R 120k dah di ganti. Dioda+resistor normal, tpi tetep gk mw kluar output dri regulatornya? Kira2 apanya ya, mohon bantuanya? Thank,u!

    Balas

    1. lepas dulu tr horz,kmdian cek lg tegangannya. Jka ttp gk ada,cba cek resistansi smua jalur teg out. Caranya,probe hitam di jalur teg out n probe merah di GND. Jika ada salah satu jalur yang short circuit,b’rti di situ penyebab ilangnya tegangan.

      Pada Sel, 20 Sep 2011 10:52 PDT

      Balas

  8. om mau tanya tv cina 21inch elco yang 47uf/160 volt meleduk mulu.B+ normal 115 anehnya meleduknya pas standby kalau di tonton terus normal.pas standby sekitar 5 detik tuh elco medus lagi.bangun2 makan nasi sama ayam terakhir pake 100uf/400v kenceng juga om meleduknya sampe lompat.

    Balas

    1. hahaha…enak dunk gk usah beli petasan..! Kalau meleduknya pas di standby,ya tv nya jangan di standby dengan remot lah,melainkan di mati’in via power utama di panel. Gitu aja kok repot…

      Pada Jum, 12 Agt 2011 05:12 WIB

      Balas

  9. TV FUJITEC mati total TR hor mati diganti mati lag ,saya coba tes pake lampu pijar ganti skring AC input B+ ke FBT kulepas dan TR hor jg lepas tp ko lampu pijar nyala terus ga redup2 tp klo ganti skring biasa dan B+ aku kasih beban lampu pijar tegangan terukur 113v
    apanya yg belum bener

    Balas

    1. penyebab tr horz selalu mati,di antaranya: 1. B+ kegedean 2. C coupler di colector tr horz berubah nilai/mati 3. Elko driver horz kering 4. Fbt 5. Defleksi 6. dll

      Pada Rab, 10 Agt 2011 09:51 WIB

      Balas

  10. Tlg mas, tv cina awalnya hidup normal cm fbt nya bunyi, setelah aku bersihkan, bunyi udah hilang, tapi tiba2 fbt ada bunyi keras “cetez” lsg aja tv mati tapi lampu nyala. Udah aku ganti fbt tapi te2p gak bisa, aku periksa ada komponen yang short yaitu TRyang mendapat teg B+ 25v dari sekunder untuk teg trafo driver horz. Setelah aku ganti, tv te2p aja gak mau nyala padahal teg basis di TR driver horz ada 0,6v. mohon bantuannya. Trima kasih.

    Balas

    1. B+ 115v normal gk? Periksa juga ic vertikalnya,coz dari bbrp kasus fbt bocor kebanyakan ic vertikal selalu jd korban. Oh ya,mesin tsb pke ic single atau pke ic croma jg?

      Pada Ming, 26 Jun 2011 11:57 WIB

      Balas

  11. mas saya lg nyervis china,di bagian Regulator Ada yg hangus,tepatnya R 551.itu nilanya berap ya Mas.makasih atas pencerahannya!

    Balas

  12. Mas alhmdllh Tv nya udah ok lg,trnyata benar ic 817 nya Tewas.terima ksh banyak atas saran2 nya.Mas boleh nanya mslh monitor komputer ga?

    Balas

  13. Mas smoga ga bosen dg prtanyaan2 dr saya,ma’lum msh pemula.Sbg tmbahan dr kasus yg kmaren,sudah sy coba mmbuka TR Horizontal tapi lampu stnby nya ttp mati.Di cek skitar 5 menit trus saya raba2 bagian TR regulator dan komponen yg lainnya trnyata smua pd dingin(hangat sdikitpun ga).Yg mau saya tanyakan berapa tegangan masing2 kaki input pd trafo sematiknya?kakinya berjumlah 6 bh.kaki ke 1&3 nyambung ke elko (-) 400v.kaki ke2 nyambung ke dioda & R 519.kaki ke 4 nyambung ke (+) elko 400v.kaki ke 5 kosong.dan kaki yg ke 6 ke kaki kolektor TR yg gede.trm ksh banyak!

    Balas

    1. berapa tegangan di elko 400v? Ada 300v(tepatnya 308v) DC? Periksa juga semua komponen di area optocopler (PC817). Oh ya,pastikan tdk trjdi short circuit di jalur B+ 115v yg menuju fbt. Caranya,avometer pd posisi x1ohm,colok merah pd Gnd,sdgkan colok item di jalur B+ tsb. Jika jarum tdk bergerak,b’rti fbt msh normal. Tggl di ubek2 lg bagian optocplr n regulatornya.

      Pada Jum, 03 Jun 2011 16:08 WIB

      Balas

  14. trm ksh ats pencerahannya smoga Tuhan mmbalasnya dg pahala yg stimpal serta smoga ilmunya brtambah trus & yg pasti brmanfaat bg qt smua.amin…!

    Balas

  15. Aduh puyeng mas..!!tv nya msh lom mo nyala.Awalnya lg nonton tv tiba2 mati listrik,tapi ga lama mkn hanya 5 detik.dah gitu listriknya nyala lg.tapi TV nya langsung matot,lampu stanby ga nyala.Stlh Q telusuri trnyata resistor yg brwarna putih(besar)& TR bagian regulatornya jebol.stlah Q ganti dg yg baru,lalu Tv Q nyalain trdengar suara “Deng” tapi Tv ttp mati,lampu stanby nya pun mati.Q cek lagi bagian Regulatornya smua TR pd bagus,resistor yg 120 k dua2nya sudah Q ganti,tv regulator msh ttp ga mau bkrja.Mohon pencerahannya!klo bisa tolong jelasin cara ngcek tegangan regulator yg sudah ok.thank…!

    Balas

    1. lepas Tr HORIZONTAL,kemudian nyalakan tv. Jika lampu stndby ttp tdk nyala,patut di curigai regulator belum beres. Cek semua R,zeener,diode,dan juga tr driver regulator (biasanya C3807). Utk menghindari kerusakan yg beruntun pd tr regulator+driver,pasang lampu pijar 60watt sbg pengganti sekring AC input. Jika saat tv di nyalakan dan lampu pijar mau nyala sbntar kemudian mati,itu artinya tdk ada yg konslet pd regulator,atau mgkn ada R/tr yg putus di slh satu kakinya. Tp jika lampu tetep nyala trs,artinya msh ada yg konslet. Semoga sukses!

      Pada Rab, 01 Jun 2011 20:05 WIB

      Balas

  16. Kbtulan nemu ilmu yg kasusnya hmpir mirip dg kasus Tv china 14″ yg sdang sy krjakan.Hatur nuhun Master mau langsung saya coba ilmu’Y.maju terus…!

    Balas

Tinggalkan Balasan

