Tv cina gambar blank warna hijau di sertai garis-garis horizontal

Pada awalnya,aku mengira kasus seperti ini adalah karena terjadinya short katoda warna ijo dengan G1. ”Tapi tunggu dulu,jangan buru-buru ambil keputusan seperti itu,ada baiknya di periksa dulu dengan benar bagian blok RGBnya.” kata hatiku mengingatkan. Dan ternyata benar,setelah aku lepas rangkaian RGB dari CRT dengan mencabut socketnya dan melakukan pengetesan tegangan di jalur-jalur RGB di masing-masing pin socketnya. Walhasil,tegangan yang ada di pin Green dari socket cuma terdeteksi 25V saja. ”Hmmmm,ada yang gak bener nih” gumamku. Aku coba pegang ke 3 buah body R10K yang dari 180V ke titik colector masing-masing TR C2228,dan aku dapati R10K yang ada di bagian warna ijo panas sekali. Kontan saja aku langsung melepas TR nya dan aku test pakai avo. ”Lhooohh,lha koq TR nya normal…lha terus apane maneh iki?” sambil garuk-garuk kepala. Kemudian aku coba nyalakan lagi mesinnya dalam keadaan TR bagian warna ijo belum terpasang,dan ternyata setelah aku cek lagi R10K nya masih panas. Lalu aku test nilai resistansi jalur pcb bagian colector dengan ground. Dan ternyata. . . . nilai resistansinya kecil sekali/bisa di bilang SHORT bin konslet (aku lupa mencatat nilai resistnya). ”Naaaahh,kenapa ini?” Padahal dengan melepas TR tersebut seharusnya saat di test pakai avo antara ground dengan jalur colector jarum avo hampir tidak bergerak/nilai resistnya gede,lha ini koq jarum avo malah lari kuuenceng sampai hampir mentok di skala X100 pada avo nya. Usut punya usut,ternyata yang short adalah pcb jalur colector dengan emitor. Setelah melakukan ‘cutting’ di bagian tersebut untuk memastikan biar tidak ada short circuit lagi TR C2228 aku pasang lagi dan langsung mencoba menyalakan mesin,yesss…R10K sudah tenang tidak kepanasan lagi,aku test pakai avo 180v juga sudah normal. Setelah memasang blok RGB ke CRT tv pun siap di coba. ”Bismillahirrohmaanirrohiim…” ucapku sambil menekan tombol power di tv. Beberapa saat kemudian tv pun sudah menyala dengan normal. Alhamdulillaah bayaran maneh,hehehe….

21 Comments

  1. tvku merk votre layar blank biru bergaris-garis horisontal.
    . timbang aq ribet ta ganti mesin baru tapi hasilnya poso ae tolong pencerahannya dong….

    Balas

  2. kalo tv polyvison layar blank ijo tidak ada gambar sama sekali,,, cuma ada suara…itu apanya bang…q minta solusinya

    Balas

  3. Mas bro sayajuga punya tv merek yang sama yaitu ichiko pertama dihidupin normal pasdimatikan lagi mawu di idupin lalu halang gambar nya, apa penyakit nya tu masbro? Atas penjelasan nya mohon penjelasannya masbro.

    Balas

  4. Tv ku jg gitu mas. Seng penting dibersihin dulu kan. Kalo disikat2 biasa sambil di sedot pake vacum cleaner bisa gak y?

    Balas

  5. Wokeh.,thanxs masbro ELKO.jadi maksudnya begini,kerusakan tv china (wansonic) yg kayak begini masalahnya ada di blok Rgb.di situ ada 3 buah Tr C2482 yg berdekatan.jadi untuk mengatasi masalah hijau garis2 buku ini,cobalah jalur pcb antar kaki masing2 Tr trsbt di bersihkan dgn pisau cutter kemudian di sikat pakai thinner/bensin biar short nya benar2 hilang.di jamin maknyuzz.lam sukses bwt teman2 solder.merdeka.!!!

    Balas

  6. maksud’e cuting
    jalur colector dengan
    emitor gimana
    bang…soale q
    nemuin kasus yg
    sama nich,dh coba tk
    ganti elco 10uf/250v
    tetep sm aja..pngen
    praktekan
    pengalaman abang
    masih
    bingung..maklum q
    masih pemula
    bang..mohon
    penjelasane

    Balas

  7. maksud’e cuting jalur colector dengan emitor gimana bang…soale q nemuin kasus yg sama nich,dh coba tk ganti elco 10uf/250v tetep sm aja..pngen praktekan pengalaman abang masih bingung..maklum q masih pemula bang..mohon penjelasane

    Balas

  8. trima kasih banyak atas infonya,, atas info ini cukup mambantu saya dalam menyelesaikan persoalan tv saya yang rusak

    Balas

Tinggalkan Balasan

